6 Tips Memilih Aplikasi Investasi Fintech yang Aman dan Terpercaya

Saat ini, masyarakat dari berbagai kalangan tengah mengelu-elukan aplikasi investasi terpercaya. Aplikasi investasi terpercaya seperti fintech tersebut memberikan berbagai kemudahan bagi penggunanya. Kemudahan tersebut berupa persyaratan yang mudah, dana yang segera cair, hingga proses melalui perbankan yang sangat mudah.

Dengan kemudahan yang diberikan oleh berbagai fintech tersebut, memberikan angin segar bagi orang-orang yang membutuhkan dana dengan cepat dan tidak dengan syarat yang rumit. Namun, tak sedikit juga masyarakat yang masih ragu melakukan pinjaman di fintech meski mereka sangat membutuhkan dana.

Ketakutan yang timbul di masyarakat diakibatkan oleh beberapa hal, salah satunya teror penagihan seperti yang beredar di masyarakat. Namun, tentunya ada solusi untuk menghadapi hal tersebut. Sebelum melakukan investasi, Anda harus benar-benar memastikan fintech yang Anda pilih adalah fintech terpercaya. Bagaimana caranya investasi 100 ribu hasilkan jutaan rupiah? Simak ulasan berikut.

1. Memastikan Fintech Terdaftar di OJK

Yang pertama harus Anda lakukan adalah memastikan aplikasi investasi terpercaya yang akan Anda pilih telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Anda bisa langsung mengecek fintech mana saja yang telah terdaftar di OJK melalui situs ojk.go.id.

Fintech yang telah terdaftar di OJK tentunya diawasi oleh instansi tersebut. Ada prosedur dan tata cara yang diberlakukan kepada fintech OJK tersebut, mulai dari cara penagihan, bunga, denda, dan lain-lain.

2. Teliti Persyaratan yang Diminta

Penting bagi Anda untuk meneliti persyaratan yang diminta penyedia pinjaman sebelum Anda menentukan untuk melakukan pinjaman di sana. Anda harus memahami betul persyaratan yang diajukan. Persyaratan yang diminta biasanya berupa KTP, KK, Slip gaji, NPWP, dan buku tabungan.

Untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, hindari fintech yang meminta persyaratan surat berharga seperti surat tanah dan lainnya.

3. Lihat Apakah Sistemnya Transparan

Salah satu ciri finteHYPERLINK “https://amartha.com/id_ID/”cHYPERLINK “https://amartha.com/id_ID/”hHYPERLINK “https://amartha.com/id_ID/” HYPERLINK “https://amartha.com/id_ID/”tempat investasi terbaik dan tentunya memiliki kepercayaan klien adalah dengan memiliki sistem yang terbuka terhadap para kliennya. Aplikasi investasi terpercaya ini harus memberitahukan kepada para kliennya perihal bunga, denda, jatuh tempo, dan biaya lainnya dengan jelas sebelum menyetujui pinjaman.

4. Pastikan Aplikasi investasi terpercaya Memiliki Kemudahan untuk Mengecek Status Pinjaman

Cara yang harus Anda lakukan berikutnya adalah memastikan kemudahan pengecekan status pinjaman di aplikasi investasi terpercaya yang akan Anda pilih. Dalam aplikasi tersebut, pastikan tertera status pinjaman berupa total atau sisa pinjaman, jumlah bunga yang harus dibayar, jatuh tempo pembayaran hutang dan bunga, serta berbagai informasi lainnya.

Beberapa hal penting di atas harus Anda ketahui di dalam fintech agar Anda tidak tertipu oleh aplikasi investasi terpercaya tersebut.

5. Pastikan Customer Service Aplikasi Investasi Terpercaya Mudah Dihubungi

Fintech terpercaya tentunya memiliki nomor customer service yang bisa dihubungi selama 24 jam setiap harinya. Aplikasi investasi terpercaya tersebut haruslah mencantumkan alamat kantor serta kontak customer service yang bisa dihubungi klien kapan saja untuk mendapatkan informasi. Selain itu, alamat email pemberi pinjaman juga harus dicantumkan di aplikasi.

Berdasarkan aturan dari OJK, fintech harus menyediakan layanan atas keluhan klien, dan memberikan penyelesaian yang baik. Maka, pilihlah fintech yang memiliki nomor yang bisa dihubungi kapan saja.

6. Lihat Ulasan dan Komentarnya

Sebelum memutuskan untuk memilih fintech, Anda harus melihat ulasan dan komentar yang ditulis oleh para klien fintech tersebut.  Hindari fintech yang memiliki rating dan ulasan yang buruk untuk meminimalisir risiko yang akan Anda terima di kemudian hari.

Rekomendasi Aplikasi Investasi Terpercaya

Tumbuh sebagai platform peer to peer lending, Amartha menjembatani kebutuhan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) akan modal dengan kebutuhan investor akan return. Dengan layanan online, tujuan yang ingin dicapai adalah memperluas menjangkau investor dan mitra peminjam. Meski layanannya berbasis online, Amartha tetap melakukan aktivitas offline dengan terjun ke lapangan secara langsung dalam setiap tahap proses pembiayaannya, terutama dalam hal penyeleksian mitra peminjam.

Sasaran utama dari layanan finansial Amartha adalah ibu-ibu pelaku UMKM yang memiliki usaha rumahan, tetapi unbankable dalam hal permodalan. Oleh sebab itulah, Amartha melakukan survei langsung agar bisa menilai kelayakan usaha dan melakukan pendampingan. Proses ini dilakukan sekaligus sebagai upaya untuk menjaring calon peminjam yang berkualitas dan meminimalkan risiko.

Demikianlah pengertian apa itu aplikasi fintech dan cara yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan fintech terbaik dan tentunya juga terpercaya sebelum Anda mengajukan pinjaman. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *