Buat Rumah Lebih Luas Dengan Desain Split Level

Desain split level awalnya diperkenalkan di Jepang. Desain rumah dengan cara ini memaksimalkan lahan yang luar biasa sempit. Pengaplikasiannya bisa memakai beton readymix, semen, atau kayu untuk menonjolkan kesan modern. Jadi, hunian akan terkesan luas dan pas dengan arsitektur modern minimalis yang selalu populer. 

Inspirasi Desain Split Level Untuk Rumah Anda

Penerapan untuk membagi tingkatan atau split level akan membantu rumah mencapai seluruh potensinya. Hal ini juga berarti ruma memiliki pencahayaan dan sirkulasi yang cukup. Berikut adalah beberapa cara untuk menerapkan desain split level di rumah Anda. 

  • Memaksimalkan Ruangan Yang Tersedia

Anda membagi ruangan menjadi dua pada salah satu sisinya. Tiap lantai saling bergantung dengan koneksi tangga yang lebih pendek yang menyambungkan lantai dengan ketinggian berbeda. Jadi, Anda bisa memanfaatkannya untuk tambahan ruangan. 

  • Langit-Langit Tinggi Untuk Sirkulasi Lebih Baik 

Desain split level menginginkan langit-langit yang tinggi agar bisa menambah ruangan baru di tengahnya. Hal ini berarti hunian memiliki sirkulasi udara yang lebih baik. Anda bisa meminimalisir pemakaian AC atau kipas angin dan membuat rumah selalu sejuk. 

  • Solusi Lahan Tidak Rata

Pernahkan Anda melihat hunian yang terlihat menarik karena struktur tanahnya yang memang tidak rata? Anda bisa membuat rumah dengan split level dan mengatasi problem lahan yang lebih rendah atau lebih tinggi sebelah. Bahkan, dengan desain yang pas, bisa terlihat kalau dibuat dengan sengaja. Padahal lahan yang berkontur memang lebih menantang untuk ditangani. 

  • Desain Split Level Multifungsi

Anda bisa membuat split level dan menaruh perabotan multifungsi ala minimalis. Ruang baca bisa jadi ruang santai, ruang keluarga dan lain sebagainya. Taruh juga perabotan multifungsi yang sangat cocok dengan gaya interior minimalis modern. Rumah Anda akan terlihat atraktif dan tampil beda dari rumah-rumah lainnya. 

  • Konsep Terbuka 

Penerapan beberapa level atau undakan, akan terlihat sempit bila tiap lantai dibuat tertutup. Jadi, penerapan terbuka adalah solusi terbaik untuk membuat rumah jadi lebih leluasa. Bila ingin ada sekat, bisa memakai kaca atau material lainnya yang transparan. Jadi, masih ada sedikit privasi dan tidak membuat ruangan sesak. 

  • Kombinasi Ruangan Serupa

Anda bisa menerapkan desain ini dengan ruangan yang saling berhubungan. Misalnya ruang makan dengan dapur, ruang keluarga dengan ruang TV yang hanya terpisah dengan level berbeda. Rumah jadi lebih luas tapi masih ada korelasi sehingga ruang gerak Anda tetap bisa optimal. 

Demikianlah bahasan mengenai desain split level yang sangat bermanfaat untuk lahan kecil dan menantang. Anda bisa mempertimbangkan desain ini bila menemui lahan yang tepat. Selain itu, bila tertarik dengan konsep modern, memiliki sirkulasi udara bagus dan pencahayaan baik, split level bisa jadi opsi terbaik untuk Anda. 

Gunakan berbagai material untuk konstruksi bangunan terbaik dari SCG seperti beton readymix, semen, beton instan, dan lain sebagainya agar tiap bagian ruangan akan terbagi dengan estetik dan juga kokoh. Kunjungi situs resmi SCG untuk mendapati berbagai pilihan material bangunan untuk rumah Anda. 

Sumber

https://blog.rhdesainrumah.com/desain-tangga-dengan-semen-ekspos-tampil-berkelas-tanpa-finishing/

https://www.rumah123.com/panduan-properti/tips-properti-82321-mengenal-konsep-split-level-id.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *